Wajib Tau, Ini 4 Jenis Headset yang Sering Digunakan

Pastinya tidak asing lagi bukan dengan perangkat radio yang beredar di masyarakat? Alat bantu untuk mendengarkan musik ini tampak lebih nyaman digunakan, dibanding mendengar dari PC atau smartphone secara langsung.

Perangkat yang satu ini pun cukup mudah untuk digunakan dan dibawa kemanapun. Namun saat perangkat yang satu ini mulai beredar luas di masyarakat, semua kerap mengenalnya dengan sebutan Headset.

Padahal, di balik perangkat tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan terhadap bentuk dan karakteristiknya masing-masing.

Apa-apa saja jenis headset yang sering beredar di masyarakat? Cek di bawah yuk!

1. Headset 

Perangkat yang satu ini paling sering dikenal namanya. Headset merupakan gabingan dari perangkat yang berfungsi mendengarkan radio dan berbicara. Model perangkat yang satu ini merupakan alat suara yang berbentuk bando, serta speaker kecil berbentuk lingkaran di bagian ujung.

Headset memiliki microphone kecil yang berguna sebagai alat komunikasi. Biasanya, media yang satu ini sering digunakan pada layanan costumer service.

2. Headphone 

Tampilan dari haedphone memiliki kesamaan dengan headset, namun letak perbedaannya berada pada microphone. Headphone tidak memiliki microphone,yang berarti tidak memiliki media untuk berkomunikasi.

Biasanya, jenis perangkat yang satu ini digunakan untuk mendengarkan musik dan gaming. Bisa dibilang, headphone merupakan alat yang lebih portable dibandingkan headset. Jiaklau hanya untuk mendengarkan suara atau musik, ada baiknya menggunakan headphone karena kualitas suara yang lebih baik.

3. Handsfree 

Nama handsfree juga sering didengar oleh pengguna perangkat pendengar musik. Dibanding yang lainnya, handsfree merupakan jenis headset yang paling gampang untuk digunakan. Namun, fungsi yang dimiliki dengan headset cukup berbeda.

Bentuk dari handsfree terilang kecil dan menyerupai earphone, namun tetao memiliki mikrofon dan juga tombol fungsi sendiri. Dengan menggunakan handsfree, pengguna dapat mematikan atau menerima panggilan dengan mudah.

Untuk era sekarang, jenis dari handsfree terbagi dua yaitu bloetooth ataupun dengan kabel. Kedua tipe tersebut menjadi sarana untuk mengaktifkan handsfree. ada perangkat yang akan aktif dengan mengoneksikannya ke bluetooth, dan ada yang harus mencolokkan ke port jack yang ada di smartphone atau PC.

4. Earphone 

Dibanding headphone atau headset, earphone memiliki bentuk yang lebih kecil. Earphone merupakan perangkat yang langsung dihubungkan ke dalam lubang telinga. Perangkat yang satu ini terbilang cukup praktis, dan dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Selain sangat nyaman dan mudah untuk dibawa, ada beberapa kategori dari earphone itu sendiri, yakni:

- In Ear Monitor: Earphone ini memiliki karet atau foam pada ujungnya untuk dipasangkan pada telinga.

- Earbud: Earphone yang menggunakan plastik keras pada ujung bagian speakernya.

- Earfit: Kategori Earphone ini memiliki penghubung yang dilingkarkan pada sekitar daun telinga sebelum dimasukkan ke dalam lubang telinga.

Nah, itu dia beberapa jenis headset yang beredar di masyarakat dan harus kamu ketahui. Pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhanmu ya.

Komentar

Postingan Populer