Pengertian Gadget, Lengkap Sejarah, Manfaat dan Dampaknya Terhadap Kehidupan

 

Gadget atau biasa disebut dengan gawai merupakan alat komunikasi yang hadir untuk kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi yang berkembang pesat membuat gawai terus mengalami perkembangan dengan cepat. Shenina Cinnamon

Contohnya saja, dulu fitur di gadget hanya bisa mendengarkan musik lewat radio, namun sekarang Anda bisa mendengarkan beragam genre musik dari MP3, ipod dan lainnya.

Pengertian Gadget

Gadget adalah perangkat elektronik yang memiliki ukuran kecil dan sering digunakan semua orang, sama halnya dengan artis cantik Steffi Zamora yang tidak bisa lepas dari gadget. Gawai ini memiliki fungsi khusus dan sangat mudah untuk digunakan. Menurut pendapat lain, gadget merupakan alat elektronik berukuran kecil yang mudah untuk dibawah bepergian.

Gadget berasal dari kata serapan dalam bahasa Inggris yang artinya perangkat elektronik ukuran kecil dan memiliki fungsi khusus dan terus mengalami pembaharuan.

Sedangkan dalam bahasa Indonesia, gadget disebut juga dengan gawai. Meski begitu, penggunaan kata gadget lebih umum digunakan dibandingkan gawai.

Gadget menjadi salah satu bukti perkembangan teknologi masa kini yang dianggap penting. Hampir semua orang memiliki gadget, bahkan sekarang orang memiliki lebih dari satu gadget untuk menunjang berbagai kepentingannya.

Sejarah Gadget

Sejarah gadget dibagi menjadi dua bagian, yaitu menurut asal usul namanya:

Sejarah Keberadaan Gadget

Pada awal kemunculannya gadget sebenarnya tidak diketahui secara menyeluruh. Kata gadget bukanlah lambang dari sebuah barang dan benda namun klasifikasi dari banyak jenis komponen seperti handphone.

Awalnya, Handphone belum dikenal karena alat komunikasi ini menggunakan perantara kabel atau menggunakan perantara kabel atau menggunakan sinyal radio  Catlin Halderman Handy Talkie atau Walkie Talkie.

Ketika itu, perangkat telephone belum disebut gadget karena penggunaannya masih tergolong sulit dengan saat itu beratnya 35 pon. Selanjutnya, pada generasi pertama dan kedua, telepon dimodifikasi lebih ringan dan sudah menggunakan antenna mini untuk menangkap sinyal radio.

Setelah masuk ke generasi ketiga, sistem operasi pada Handphone mulai diperkenalkan pada perangkat android symbian serta java. Mulai saat itu, User Internet juga diperkenalkan dan fungsi handphone mulai mirip dengan PC. Sedangkan masuk ke generasi keempat sampai dengan sekarang, muncul istilah Smarthphone yang memakai teknologi sinyal 4G dan baru dirilis dibeberapa kota sinyal 5G.

Jenis Gadget

Gadget memiliki banyak jenis dan masing-masing mempunyai capybara fungsi yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis gadget yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

1. Handphone

Jenis gadget yang pertama adalah Handphone yang banyak digunakan sampai dengan sekarang. Perkembangan Handphone dari tahun ke tahun juga sangat pesar. Umumnya Smarthphone sekarang memakai sistem android, iOS dan Windowsphone.

2. Komputer dan Laptop

Komputer dan laptop adalah jenis gadget yang banyak digunakan sampai dengan saat ini. umumnya, komputer dan laptop ini dipakai untuk kebutuhan perkerjaan dan juga untuk disekolah. Gadget juga memerlukan sistem dijalankan memakai Mac, Windows, Linux, dan berbagai sistem lain.

3. Tablet dan iPad

Jenis gadget tablet dan iPad. Ukuran tablet lebih besar dibandingkan dengan Handphone. Kelebihannya adalah gambar lebih besar dan lebih jelas. Ketika menggunakan tablet dan iPad, banyak pengguna lebih merasa nyaman khsusnya ketika dipakai untuk bermain game, menonton serta kegiatan lain.

4. Kamera Digital

Handphone, komputer dan laptop serta tablet dan iPad, ada jenis gadget lainnya yaitu kamera digital. Kegunaan utama dari gadget adalah menangkap gambar dan video.

5. Headset dan Headphone

Headset dan hedphone dalam jenis gadget yang digunakan seakrang ini. untuk kegunaan utama dari headset dan headphone untuk mendengarkan musik dan suara ketika Anda menonton video.

Manfaat Gadget

Fungsi utama dari gadget untuk membantu manusia untuk kehidupan sehari-hari. Berdasarkan dari contoh macam jenisnya, berikut beberapa manfaat dari gadget pada manusia:

  1. Sebagai media komunikasi: Gadget sangat berguna sebagai media melakukan komunikasi. Dengan adanya gadget, maka manusia akan saling terhubung dan berkomunikasi menggunakan perangkat komunikasi seperti Smartwatch, Smartphone dan laptop, dan game untuk melihat bocoran RTP Slot Oktober 2022.
  2. Untuk mengakses informasi: tidak hanya media komunikasi, gadget juga sangat berguna alat untuk mengakses informasi yang ada internet.
  3. Hiburan: gadget berfungsi sebagai sarana hiburan. Ada beberapa jenis gadget dibuat khusus untuk hiburan, seperti bisa digunakan untuk traveling ke tempat wisata di Aceh Tamiang. contohnya seperti iPod yang dipakai untuk melakukan berbagai kegiatan untuk mendengarkan musik.
  4. Gaya hidup: seperti yang dijelaskan sebelumnya, gadget adalah bagian penting dari kehidupan manusia sekarang ini. untuk itulah, gadget memiliki manfaat sebagai gaya hidup bagi penggunanya.
  5. Cara menambah wawasan: begitu banyak fungsi yang memiliki gadget, maka gadget untuk menambah wawasan.

Dampak Positif dan Negatif

Dampak Positif

Gadget memberikan banyak dampak positif untuk manusia. Berikut adalah beberapa dampak positif dari manusia:

  • Untuk menambah ilmu pengetahuan
  • Mempermudah komunikasi dengan orang lain
  • Memperluas jaringan pertemanan
  • Meningkatkan kreativitas anak
  • Melakukan akses ke luar negeri
  • Mencerdaskan manusia sebab perkembangan gadget membuat menusia hidup lebih baik
  • Dampak Negatif Gadget
  • Merusak kesehatan mata
  • Mengganggu pola tidur
  • Mengubah postur tubuh
  • Mengurangi aktivitas fisik
  • Menyebabkan masalah kesehatan

Demikianlah pengertian dari gadget yang banyak belum diketahui orang, lengkap dengan sejarah, manfaat dan dampaknya untuk manusia. Semoga artikel ini bermanfaat. Tunggu artikel menarik kami selanjutnya ya.

Komentar

Postingan Populer