Perbandingan PC Gaming vs Laptop Gaming, Mana yang terbaik untuk Main Game

 

PC dan laptop menjadi platform unggulan para gamers untuk bermain game. Kedua peranti tersebut memang lebih menjamin memberikan kualitas video game yang lebih baik berkat resolusi monitor dan VGA yang terpasang. Tapi tetap saja, PC vs laptop gaming, platform mana sih yang terbaik untuk nge-game?

Kebanyakan gamers memilih salah satu di antara PC dan laptop karena memang memiliki keunggulannya masing-masing. Meski sama-sama menggunakan sistem operasi Windows dan cocok untuk main game, pastinya ada beberapa hal yang bisa jadi perbandingan mana yang terbaik.

Entah kamu gamers PC ataupun laptop, tidak ada salahnya mengetahui kelebihan dan kekurangan kedua peranti gaming tersebut. 

1. Performa: Keunggulan Utama PC Gaming

Pastinya kamu tidak heran lagi, kan kalau laptop gaming dibanderol lebih mahal dibandingkan laptop bisnis atau kasual? Bukan tanpa alasan. Hal ini dikarenakan komponen yang terpasang lebih kuat dan mendukung pada laptop laptop gaming daripada laptop lainnya.

Komponen-komponen tersebut mulai dari prosesor, RAM, media penyimpanan, kartu grafis, sampai fitur-fitur dukungan lainnya untuk bermain game. Semakin bagus komponen yang dihadirkan, tentu akan semakin bagus performa game yang dihasilkan. Tidak heran harga laptop gaming bisa mencapai puluhan juta, bahkan ada yang ratusan juta karena sudah dilengkapi dengan komponen yang lebih gahar.

Tapi, dibandingkan PC gaming, performa laptop masih kalah unggul. Alasannya? Biasanya laptop khusus gaming memakai prosesor varian mobile yang voltase dan kartu grafisnya memiliki performa yang lebih rendah daripada kelas desktop atau PC.

Produsen laptop harus memangkas voltase dan VGA-nya untuk menghindari overheat karena terbatasnya ruang disipasi suhu panas di body laptop. Sangat berbeda dengan ruang PC gaming yang memungkinkan kamu dapat menaruh beberapa kipas di dalam CPU-nya. Sudah pasti dari perbandingan PC vs laptop gaming ini, PC gaming jelas lebih unggul.

2. Portabilitas: Laptop Lebih Unggul

Faktor lainnya yang bisa dibandingkan dari PC dan laptop gaming adalah portabilitas. Untuk bermain game di PC, kamu harus membutuhkan CPU yang mengonsumsi ruang lebih, yang artinya tidak portable atau mudah dipindahkan sama sekali. Belum lagi kamu harus mempertimbangkan perangkat lainnya, seperti keyboard, mouse, monitor, speaker, dan perlengkapan yang lain.

Di sisi lain, kamu akan dimudahkan untuk nge-game di laptop karena desainnya yang ramping serta ringkas sehingga bisa kamu bawa-bawa ke mana pun. Belum lagi sekarang ini semakin banyak pilihan produk laptop dengan desain yang lebih tipis dan ramping.

PC vs laptop gaming, mana yang lebih unggul? Sudah jelas laptop yang mudah dan ringkas kamu bawa ke mana-mana. Jadinya, kamu dapat bermain game di mana pun tanpa memusingkan membawa banyak perangkat.

3. Grafis: PC Lebih Unggul (Selisih Tipis)

Nah, kalau membahas kemampuan grafis, pastinya tidak lepas dari budget. Semakin bagus komponen yang terpasang, akan semakin baik grafis yang dihasilkan, tapi harganya akan lebih mahal.

Karena itulah, dalam urusan ini, PC lebih unggul karena CPU mampu memberikan sirkulasi udara yang lebih baik. Selain itu, GPU yang digunakannya juga dihadirkan dengan varian full bandwidth dibandingkan laptop. Dengan kata lain, kartu grafis yang terpasang dapat memproses aset 3D yang lebih baik, entah itu secara kualitas maupun kuantitas.

Hanya saja, komponen GPU yang terpasang pada laptop semakin hari semakin canggih. Bahkan bisa dikatakan platform tersebut mampu bersaing dengan komponen kelas PC gaming, meski selisihnya tipis.

Tapi dari perbandingan PC vs laptop gaming ini, balik lagi ke budget yang kamu miliki, ya. Laptop gaming kebanyakan berkisar mulai dari Rp 15 juta sampai puluhan juta. Tetap saja, spesifikasi yang dihadirkannya masih belum sebagus PC gaming dengan rakitan sendiri seharga Rp 15 jutaan.

4. Kontrol: Keyboard Mekanikal VS Chiclet

Kontrol saat main game bisa jadi salah satu faktor yang sepenuhnya subjektif tergantung keinginan pemainnya. Dalam perbandingan PC vs laptop gaming, kenyamanan kontrol bermain game bisa dikatakan seimbang.

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk memiliki PC gaming dengan menambahkan mechanical keyboard agar kontrol bermain semakin nyaman. Sama juga dengan laptop gaming yang secara bawaannya menggunakan keyboard chiclet yang kurang nyaman untuk sebagian gamers. Tidak heran biasanya ada yang memakai keyboard eksternal demi kenyamanan kontrol saat bermain game.

Terlepas dari unggul mana PC vs laptop gaming, jawabannya tergantung kenyamanan, terutama budget yang kamu miliki. Kalau ingin memilih performa tinggi, PC menjadi jawaban yang paling tepat. Tapi untuk urusan portabilitas, laptop gaming adalah pilihan yang lebih masuk akal.


Komentar

Postingan Populer